Kamis, 07 Mei 2015

RPP IPA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                                 :MI Nurulhuda
MATA PELAJARAN              : IPA
KELAS/ SEMESTER              :VI (Enam)/ I (satu)
ALOKASI WAKTU                 :1 X 10menit
PERTEMUAN KE                   : II  (kedua)

STANDARKOMPETENSI       :Memahami hubungan antara ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
KOMPETENSIDASAR           :Mendiskripsikan ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan
INDIKATOR                            : Menyebutkan ciri–ciri khusus dari beberapa    tumbuhan                                   
I.     Tujuan Pembelajaran          :Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri khusus 
                                                Dari Beberapa tumbuhan
II.      Materi Ajar
CIRI- CIRI KHUSUS BEBERAPA TUMBUHAN                
1.      Tumbuhan yang hidup di airyaitu seperti teratai
Ciri-cirinya berdaun besar, dan batangnya mempunyai rongga.
2.      Tumbuhan yang hidup darat diantaranya yaitu seperti talas
Ciri – ciri tumbuhan ini membunyai daun lebar dan lebih tipis
3.      Tumbuhan yang hidup di tempat kering diantaranya adalah kaktusrnya
Ciri nya daunnya berbentuk duri, batang nya menyimpan air, dan akarnya memanjang karena diperlukan untuk mencari air dipermukaan bumi
4.      Tumbuhan pemakan serangga yaitu tumbuhan kantung semar dan tumbuhan kejora.


.

III.             Kegiatan Pembelajaran
N0
KEGIATAN
waktu
1
Kegiatan awal
·      Guru mengucap salam kepada siswa
·      Guru meminta kepada ketua kelas untuk memimpin do’a sebelum memulai pelajaran
·      Guru menanyakan kabar siswa
·      Guru mengabsen siswa
·      Guru menanyakan kesiapan siswa untuk belajar
·      Guru menanyakan kepada siswa tentang pelajaran minggu lalu
·      Guru menyampaikan tujuan pmbelajaran







2 menit
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
·         Guru memperlihatkangambartentangmatericiri khusus
·         Guru bertanya kepada siswa mengenai gambar tersebut
Elaborasi
·         Guru membagi siswa dalam tiga kelompok.
·         Siswa mengamati gambar yang telah diberikan
Konfermasi
·         Guru meminta perwakilan masing –  masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya.
·         Guru  bertanya jawab mengenai hal yang belum  dipahami siswa yang berkaitan dengan materi.






6menit
3
Kegiatanakhir
·         Guru menyimpulkanmateripembelajaran
·         Guru mengevaluasisiswamengenaimateri yang telahdisampaikan
·         Guru dansiswamenutuppelajarandenganmembacadoa




2menit

IV.             Metodepembelajaran :
-  Diskusi kelompok

V.           Alat/ media/ sumber
-            Media, kertaskartonsertagambar
-            Bukupaket ilmu pengetahuan alam kelas VI.

VI.         Penilaian :
Teknik                        : Testertulis
Bentukinstrumen       : Essay 

Soal :
1.    Sebutkanciri khusus tumbuhan teratai ?
Kuncijawaban
1.    Tumbuhan teratai Ciri - cirinya yaitu daunnya lebar dan batangnya mempunyai rongga


TEMBILAHAN ,april 2015

Mengetahui 
Kepala Sekolah                                                                     Guru Bidang Studi


SAPRUDIN                                                                               MARIZA
NIP ;                                                                                   NIM.1209.12.06796

Tidak ada komentar:

Posting Komentar