Selasa, 24 Februari 2015

MAKALAH PENJAS



Makalah pembelajean penjas
Tugas individu
Pengaruh olahraga terhadap kesehatan


Di Susun Oleh :

Nama  : MARIZA
Prodi   : PGMI. A
Nimko : 1209.12.06796
Dosen Pengampu: Syamsirwan, s.pd.,m.si


MAHASISWA / I PGMI SEMESTER V
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
AULIAURRASYIDIN TEMBILAHAN
T.A 2014/2015



KATA PENGANTAR 

Segala puji bagi Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya sehingga penulisan makalah yang berjudul. “Pengaruh Olahraga Terhadap  Kesehatan” dapat diselesaikan. Shalawat beriring salam semoga dilimpahkan kepada Rasulullah Saw, keluarga, para sahabat dan orang-orang yang istiqamah di jalan-Nya hingga akhir hayat.

Penyusunan makalah ini dilaksanakan untuk memenuhi tugas Mata kuliah pembelajaran penjas. Penulis menyadari bahwa penulisan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun sehingga kekurangan tersebut tidak terjadi lagi dan dapatmemperbaiki kualitas penulisan di masa yang akan datang.















Tembilahan, 21 Desember 2014
                          

 
           
                penulis


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR............................................................................ i
DAFTAR ISI ......................................................................................... ii    

BAB I PENDAHULUAN..................................................................... 1
A. Latar Belakang................................................................................... 1
B. Rumusan Masalah .............................................................................. 1
C. Tujuan Penulisan ................................................................................ 1
D. Manfaat Penulisan.............................................................................. 1

BAB II PEMBAHASAN ...................................................................... 2    
A. Pengertian Olahraga .......................................................................... 2
B. Jenis Olahraga dan Manfaat-manfaatnya........................................... 2                
1. Jogging...................................................................... 2
2. Berenang & Aquarobik................................................................ 3
3. Yoga......................................................................... 3
4. Aerobik & Anaerobik................................................................... 3
C. Manfaat Olahraga bagi Persalinan...................................................... 3
D. Manfaat Olahraga bagi Anak-anak.................................................... 4
 1. Manfaat Olahraga bagi Pertumbuhan anak-anak........................... 4
    2. Manfaat olahraga bagi Anak Penderita Kelainan Jantung............ 4
E. Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Secara Umum.............................. 4

BAB III PENUTUP .............................................................................. 5
A. Kesimpulan..................................................................... 5
B. Saran.............................................................................. 5

DAFTAR PUSTAKA ............................................................................ 6





BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga yang harus dijaga agar kita dapat terus bertahan hidup didunia ini. Kesehatan sangatlah penting, karena kesehatan itu tidak dapat dibeli dengan uang. Kita sendirilah yang harus bertanggung jawab atas kesehatan kita. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan. Salah satu cara menjaga kesehatan ialah dengan berolahraga secara teratur. Selain olahraga, pola hidup juga dapat mempengaruhi kesehatan. Olahraga merupakan kegiatan yang dilakukan sedemikian rupa sehingga jantung cukup terbebani kesehatan. Walaupun olahraga itu penting, tetapi masih banyak orang yang belum menyadarinya. Banyak penyakit yang bersumber dari pola hidup yang salah, seperti kurang bergerak dan berolahraga, serta kurang istirahat dan lupa makan. Orang-orang beralasan, mereka terlalu sibuk untuk berolahraga. Padahal olahraga sangat dibutuhkan.
Olahraga juga dapat menghilangkan stres. Yoga misalnya, olahraga ini dapat menimbulkan ketenangan batin. Karena itulah, dalam makalah ini akan dituliskan betapa pentingnya berolahraga, agar masyarakat sadar dan merubah pola hidupnya. Banyak orang yang tidak sadar akan pentingnya olahraga. Namun banyak  juga yang sadar, tapi ada saja alasan mereka untuk tidak berolahraga. Alasannya beragam, ada yang sibuk, malas, dan ada juga yang bilang olahraga itu hanya membuang-buang tenaga dan waktu saja. Pemikiran seperti itu harus dihilangkan,karena hal itu salah besar. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan ditunjukkan pentingnya berolahraga.

B.Rumusan Masalah

1.Apa pengertian olahraga ?
2.Berbagai jenis olahraga dan manfaat-manfaatnya ?
3.Apa manfaat olahraga bagi persalinan ?
4.Apa manfaat olahraga bagi anak-anak ?
5.Apa-apa saja manfaat olahraga bagi kesehatan secara umum ?

C.Tujuan Penulisan
            Tujuan makalah ini dibuat adalah untuk memberitahu mahasiswa akan banyaknya manfaat olahraga dan olahraga apa saja yang bemanfaat.

D.Manfaat Penulisan
 Manfaat makalah ini dibuat ialah untuk memberitahukan pada masyarakat,khususnya untuk para mahasiswa bahwa olahraga sangat dibutuhkan dan sangat penting manfaatnya bagi kesehatan jasmani olahraga dapat dilakukan oleh semua kalangan umur tanpa terkecuali.


BAB II
MANFAAT OLAHRAGA
                                                                                                                 

A.          Pengertian Olahraga
            Pengertian olahraga adalah suatu bentuk kegiatan jasmani yang terdapat didalam permainan, perlombaan dan kegiatan intensif dalam rangka memperoleh relevansi kemenangan dan prestasi optimal.
 Olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/ pertandingan, dan kegiatan jasmani yang intensif untuk memperoleh rekreasi, kemenangan, dan prestasi puncak dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila.
Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara gerak (mempertahankan hidup) dan meningkatkan kemampuan gerak (meningkatkan kualitas hidup). Seperti halnya makan, Olahraga merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya periodik. Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani,rohani dan sosial.
Makna olahraga menurut ensiklopedia Indonesia adalah gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan.

B.           Jenis Olahraga dan Manfaat-manfaatnya

1.      Jogging
Jogging merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tidak perlu punya keahlian khusus agar dapat melakukan jogging. Semua orang dari segala usia dapat melakukan jogging. Oleh karena itu, jogging termasuk salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan. Dengan melakukan jogging, banyak manfaat yang bisa diperoleh, antara lain :
a)      Membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredarandarah dan pernafasan. 
b)      Mempercepat sistem pencernaan dan membantu menyingkirkanmasalah pencernaan.
c)      Menetralkan depresi.
d)     Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan padakehidupan yang aktif.
e)      Membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan.
f)       Dapat membantu mengatasi masalah dengan selera makan.
g)      Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung.
h)      Membuat tidur lebih nyenyak.




2.      Berenang & Aquarobik 
Berenang merupakan salah satu olahraga air yang sangat populer  bahkan sangat digemari oleh siapapun karena gerakannya hampir melibatkan semua otot tubuh, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan menjaga tubuh tetap bugar. Berenang sangat baik bagi kesehatan, karena apabila kita melakukan satu gerakan saja, misalnya gaya bebas, maka hampir seluruh otot tubuh terlibat, sehingga olahraga ini sangat bermanfaat bagi mereka yang mengutamakan kesegaran jasmani.
Menurut penelitian, sekitar 25%kalori bisa terbakar dengan melakukan olahraga renang.Selain itu dengan melakukan olahraga air ini, keuntungan lain yang didapat adalah berkurangnya ketegangan pada sendi-sendi. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga di dalam air dengan ketinggian sebatas pinggang dapat mengurangi ketegangan sendi hingga 50%, dan 75% jika dalamnya air sebatas dada.

3.      Yoga
Yoga merupakan perpaduan olahraga dengan meditasi. Peminatnya kebanyakan ialah kaum wanita. Bahkan bagi sebagian orang, yoga menjadi gaya hidup baru. Apalagi dalam perkembangannya, aktivitas yang satu ini memiliki image yang eksklusif.
Yoga juga berfungsi sebagai media pelepasan stres. Karena itu yoga sangat cocok bagi mereka yang memiliki kesibukan, terutama pekerjaan yang mudah memicu stres. Tapi bagi merekayang selalu ingin tampil segar dan energik, yoga juga media yang pas bagikalangan manapun.

4.              Aerobik & Anaerobik
            Aerobik merupakan salah satu olahraga yang sedang populer saat ini. Semua orang dari segala usia berlatih aerobik. Aerobik dilakukan dengan menggerakkan kedua tangan dan kaki, seperti bulu tangkis, jogging, berenang gaya krol ( bukan gaya kodok ), bersepeda aktif. Latihanini dilakukan selama 20 menit, namun bila dilakukan setiap hari atau bila tidak ada waktu boleh dilakukan 3x30 menit per minggu.
Manfaat latihan aerobik antara lain,meningkatkan daya tahan jantung, paru-paru, menguatkan otot-otot tubuh,kelenturan, membakar kalori, dan lain-lain. Latihan aerobik juga bermanfaat untuk meningkatkan daya kerja organ jantung terutama dalam meningkatkan kedua ventrikel.
C.    Manfaat Olahraga Bagi Persalinan
Ternyata, olahraga tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang dalam kondisi normal. Para ibu yang tengah hamil pun bisa memperoleh manfaatnya. Dari beberapa penelitian, ditemukan bahwa manfaat fisiologis olahraga selama kehamilan adalah:

1.      Mengurangi kejadian perdarahan sampai 65 persen.
2.      Mengurangi rasa sakit sampai 50 persen.
3.      Mengurangi kejadian kehabisan napas dan anoksia (jaringan kekurangansuplai oksigen).
4.      Cepat pulih dari luka pada jalur persalinan.   
D.          Manfaat Olahraga Bagi Anak-anak 

1.      Manfaat Olahraga bagi Pertumbuhan Anak-anak 
Olahraga digemari anak karena identik dengan permainan. Agar  bermanfaat bagi kesehatan tubuh si kecil. Anak-anak memiliki kecenderungan bergerak dengan aktif. Apa pun kegiatan yang melibatkan gerak tubuh, akan disukainya.
Peran orangtua, juga dibutuhkan ketika anak memilih jenis olahragayang tidak biasa, misalnya sepak bola walau anak berjenis kelamin wanita.Membuat si kecil nyaman dengan olahraga yang dipilihnya, sudah menjadi dasar utama bagi anak untuk bisa merasakan manfaat dari olahraga.Selain olahraga rutin di sekolah atau di rumah, waktu libur bersama keluarga seharusnya juga bisa dimanfaatkan untuk memastikan olahraga apa yang paling digemari anak.

2.              Manfaat olahraga bagi Anak Penderita Kelainan Jantung
            Anak-anak yang lahir dengan kelainan jantung bawaan selama ini dianjurkan untuk tidak melakukan olahraga, karena dikhawatirkan akan meningkatkan fungsi kerja jantung sehingga dapat memperparah kondisi jantungnya, namun ternyata hasil suatu penelitian terbaru mengatakan sebaliknya, yakni bahwa olahraga bermanfaat bagi penderita jantung. Seorang ahli jantung anak di Chicago memberikan pernyataan bahwa setelah melakukan uji coba latihan, ternyata olahraga secara keseluruhan aman dan baik dilakukan untuk anak-anak dengan kelainan jantung bawaan.
E.     Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Secara Umum
Di zaman yang modern ini, orang terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan lupa atau terlalu lelah untuk berolahraga. Padahal, olahraga itu sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh kita. Di saat sehat, hal ini memang tidak terasa, tetapi jika sudah terserang penyakit, barulah kita menyadari pentingnya olahraga.
Beberapa manfaat olahraga di antaranya adalah melancarkan peredarandarah, mengurangi resiko darah tinggi dan obesitas, serta membakar lemak dan kalori. Selain itu, riset terbaru menunjukkan bahwa dengan berolahraga minimal10 menit setiap harinya, kita juga bisa membuat mental lebih sehat, pikiran jernih,stres berkurang dan menimbulkan perasaan bahagia.
Daniel Landers, profesor  pendidikan olahraga dari Arizona State University mengungkapkan 9 manfaat olahraga bagi otak kita yaitu :
1.      Meningkatkan Kemampuan
2.      Membantu Menunda Proses Penuaan
3.      Menaikkan Daya Tahan Tubuh
4.      Memperbaiki Kepercayaan Diri
5.      Olahraga mengurangi stress
6.      Olahraga dapat meningkatkan kekuatan otak 
7.      Mempengaruhi hormon Endogenous opioids
8.      Meningkatkan gelombang otak alfa
9.      Penyalur saraf otak

BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan

            Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga yang harus dijaga agar kita dapat terus bertahan hidup di dunia ini. Kesehatan sangatlah penting, karenakesehatan itu tidak dapat dibeli dengan uang. Kita sendirilah yang harus bertanggung jawab atas kesehatan kita. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan. Salah satu cara menjaga kesehatan ialah dengan berolahraga secara teratur. Selain olahraga, pola hidup juga dapat mempengaruhi kesehatan. Sesibuk apapun seseorang, dia harus tetap menjaga kesehatannya. Karena kesehatan itu sangat penting sekali. Baik bagi yang tua maupun muda, baik yang sakit maupun sehat. Olahraga juga bisa mencegah dan mengurangi penyakit. Contohnya ialah penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

B.      Saran
            Selagi sehat kita bisa melakukan aktifitas apa saja, tapi jika sakit tentuakan susah melakukan semua aktifitas tersebut. Karena itu, jangan pernah lupa berolahraga. Pola hidup yang buruk harus kita rubah supaya dapat menjalani hidup yang sehat. Kita dapat memulai hidup sehat dengan mendisiplinkan diri sendiri untuk aktif berolahraga, lalu mengajak orang lain agar rajin berolahraga dan menjalani pola hidup sehat.
 












DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmadi. 1990. Teknik Belajar yang  Ef ektif. Semarang: Rineka Cipta.

Cute & Handsome (2010). Manfaat olahraga bagi kesehatan mental.


Crescent13 (2008). Pengaruh Olahraga Terhadap Kesehatan.

http://crescent13.blogspot.com/2008/11/pengaruh-olahraga-terhadap-kesehatan.html















Tidak ada komentar:

Posting Komentar